4 Cara Rawat Touchpad Laptop agar Awet Bertahun-tahun

Cara rawat touchpad laptopagar nyaman dipakai dan awet merupakan pengetahuan yang penting diketahui oleh pemilik laptop. Terutama, jika dibutuhkan untuk pekerjaan, belajar, atau bermain.

Laptop memiliki bentuk yang ringkas serta mudah dibawa-bawa sehingga menjadi andalan banyak pekerja, mahasiswa, juga pelajar. Dengan segala kemudahannya, terkadang pemilik atau pengguna lupa bahwa benda elektronik satu ini juga perlu dirawat.

Terutama pada bagian touchpad yang paling banyak disentuh dan merupakan pusat kendali sistem. Apabila sudah rusak, maka Anda sendiri yang akan merasakan kerepotannya. Oleh sebab itu, touchpad ini perlu dirawat dengan baik.

4 Cara Rawat Touchpad Laptop

Touchpad atau bantalan sentuh yang ada pada laptop tanpa sadar seringkali terkena kotoran, baik karena sentuhan manusia maupun faktor lainnya. Agar kotoran tidak menumpuk lalu menyebabkan kerusakan, Anda bisa lakukan hal ini:

  1. Bersihkan dengan Baik dan Jangan Ditekan

Banyak orang yang khawatir melakukan kesalahan saat membersihkan bantalan sentuh, maka menghindari membersihkannya. Padahal bagian ini juga harus sangat diperhatikan kebersihannya.

Gunakan pembersih kaca atau alkohol serta kain bebas serat untuk membersihkan layar, keyaboard, dan touchpad laptop. Hindari menggunakan pembersih berbahan kimia atau disinfektan dan jangan menekan bagian bantalan sentuh.

  • Jauhkan dari Anak-anak dan Hewan Peliharaan

Cara rawat touchpad laptopberikutnya adalah menjauhkannya dari anak-anak dan hewan peliharaan, karena Anda tidak bisa mengendalikan keduanya dengan sepenuhnya. Terkadang anak-anak dan hewan suka menyentuh sembarangan.

  • Jangan Makan di Area Laptop

Mengemil saat bermain komputer memang seringkali dilakukan pengguna, padahal sisa makanan yang jatuh ke atasnya dapat mengundang serangga kecil. Hasilnya, komponen di dalamnya bisa rusak.

Selain makanan, juga perhatikan minuman, jangan sampai ketika Anda minum ada cairan jatuh ke atas bantalan sentuh. Kondisi tangan yang kotor, basah, atau berminyak juga dapat merusak kondisi bantalan sentuh.

  • Jangan Tinggalkan dalam Mobil

Temperatur dan kelembapan ekstrem dalam mobil dalam merusak komponen laptop, termasuk touchpad. Jadi, sebaiknya jangan meninggalkannya di dalam mobil, terutama dalam jangka waktu panjang.

Merawat bantalan sentuh sebenarnya tidaklah sulit, hanya perlu ketelatenan dan perhatian agar tidak melakukan hal-hal yang dapat merusaknya. Jadi, mulai sekarang terapkan cara rawat touchpad laptop agar awet dan tahan bertahun-tahun tanpa rusak.

About Admin